Hidup Sehat Tanpa Batuk

Sering kali kita merasa kesal karena batuk yang mengganggu dan tak kunjung henti. Padahal, sebenarnya batuk merupakan refleks tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke saluran pernafasan. Berikut ini adalah 8 penyebab batuk yang sering terjadi pada kita:

Alergi 
Pernahkah anda mengalami batuk terus-menerus di pagi hari, dan baru hilang menjelang siang atau setelah beraktifitas? Itu merupakan tanda dari alergi dingin. Jadi untuk mengatasinya adalah dengan membuat suhu tubuh tetap hangat yaitu dengan rajin berolahraga.

Tetapi, bisa juga penyebab batuk alergi adalah berbagai alergen iritan lain seperti debu dan bulu binatang. Pencegahannya adalah dengan menghindari pencetusnya.
Asma
Asma adalah salah satu penyakit paru-paru kronis akibat saluran udara di paru-parunya rentan terhadap inflamasi dan pembengkakan. Batuk adalah gejala karakteristik asma yang cenderung akan lebih intensif saat malam dan pagi hari yang disertai dengan sesak dada, sesak napas dan mengi. Ketika gejala asma tersebut muncul, biasanya dikenal dengan istilah serangan asma.
PPOK
Biasanya terjadi ketika saluran udara dan kantung udara di paru-paru meradang atau rusak. Kondisi ini sering disebabkan oleh rokok pada orang yang berusia di atas 45 tahun. Paru-paru pada orang yang terkena PPOK akan menghasilkan lendir berlebih, sehingga tubuh dengan refleks akan berusaha mengeluarkan lendir tersebut dengan batuk. Selain itu, kerusakan jaringan yang terkait dengan PPOK akan menyebabkan sesak napas.
Infeksi saluran pernafasan
Penyebab batuk yang paling umum diketahui oleh masyarakat adalah flu. Kemungkinan karena saluran udara di paru-paru tetap peka dan meradang. Ketika kondisi ini terjadi, biasa disebut dengan chronic upper airway cough syndrome (postnasal drip).
Polusi udara
Paparan jangka pendek dari polusi udara dan asap dapat mengakibatkan batuk berdahak dan iritasi paru-paru yang bisa memperburuk alergi atau asma. Spora jamur yang mungkin ada di dalam rumah juga bisa menyebabkan mengi (bengek) dan batuk terus-menerus jika terhirup.
Bronkhitis akut
Merupakan kondisi akibat saluran dalam paru-paru terinfeksi dan meradang. Selain menyebabkan batuk dan sesak di dada, bronkhitis juga memicu timbulnya demam, menggigil, sakit tenggorokan dan gejala flu lainnya. Gejala ini biasanya hilang dalam beberapa hari, tapi batuknya bisa bertahan hingga berminggu-minggu.
Penggunaan obat ACE inhibitor
Obat ini biasanya digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan gagal jantung. Sekitar 1 dari 5 orang yang mengonsumsi obat ini mengalami batuk kering.
Pertusis
Pertusis juga dikenal sebagai batuk rejan, yaitu batuk yang disebabkan oleh bakteri dan disertai dengan demam, hidung meler, dan batuk terus-menerus yang membuat seseorang sulit bernapas.
Untuk hidup sehat tanpa batuk sebenarnya mudah saja. Biasakan rutin berolahraga dan mengatur pola makan yang sehat. Dan dengan membiasakan makan buah-buahan 3 kali setiap hari akan membuat badan kita sehat dan senantiasa bugar. Jika badan kita sehat, niscaya segala macam penyakit akan menjauh dan membuat hidup kita semakin berkualitas.

Related Posts:

0 Response to "Hidup Sehat Tanpa Batuk"

Posting Komentar