Sudah Tahukah Anda ? [Penyebab Perbedaan Nilai Mata Uang]

Dalam ilmu ekonomi, nilai mata uang satu dengan mata uang lainnya berbeda-beda. Sudah menjadi rahasia umum bila misalnya, 1 $ = hampir Rp 10.000. Kita, orang Indonesia, terkadang kebanyakan hanya tahu mata uang dollar lah yang paling berkuasa di dunia ini. Satu lagi mungkin juga ada yang tahu, yaitu poundsterling dimana 1 pound = Rp 14.000. Selain itu mata uang EURO alias mata uang negara-negara Eropa, 1 Euro = Rp. 12.000.

Keadaan yang menentukan nilai satu mata uang dengan nilai mata uang lainnya biasanya ditentukan oleh kekuatan sistem ekonomi dan potensi yang dimiliki oleh negara-negara tersebut dan jumlah mata uang yang beredar itu sendiri. Di Indonesia, wajar rupiah tidak bisa mengalahkan nilai mata uang Dollar karena di negara kita sendiri bila ada orang asing yang mau impor barang dari kita bayarnya pakai dollar. Coba bila kita bersikeras menuntut mereka untuk bayar pakai rupiah. kondisi nilai mata uang rupiah bisa menguat.

Para pakar Ekonomi banyak menjelaskan bahwa dalam bidang ekonom itu tidak ada yang stabil dalam waktu yang lama. Perubahan akan selalu terjadi terutama nilai mata uang. banyak hal yang mempengaruhi terjadinya kondisi tersebut, antara lain kondisi keamanan dari negara tersebut yang akhirnya akan menunjukkan resiko bila bekerja sama dengan negara yang bersangkutan, tingakat inflasi, suku bunga, lebih menyukai menggunakan mata uang tertentu (seperti kasus rupiah dengan dollar tadi), dan tingkat permintaan terhadap mata uang asing.

Related Posts:

2 Responses to "Sudah Tahukah Anda ? [Penyebab Perbedaan Nilai Mata Uang]"

  1. penurunan nilai mata uang sangat berpengaruh terhadap kehidupan. mau tidak mau harga-harga menjadi naik. untuk itu kita perlu mensiasatinya dengan cara-cara bijak agar ketika terjadi penurunan nilai mata uang, tidak akan bertambah banyak dalam kehidupan kita.

    terima kasih atas infonya :)

    BalasHapus